PENGARUH SEGMENTASI PASAR TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA OUTLET SAHABAT RPK UMI DI TERMINAL PASAR BUMI HARAPAN TOLITOLI

Authors

  • Fitriyah Astri Universitas Madako Tolitoli
  • Maskur Universitas Madako Tolitoli

Keywords:

Segmentasi Pasar, Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : Pengaruh Segmentasi Pasar Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Outlet Sahabat RPK Umi. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sampling insidental. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara (interview) dan metode angket ( kuesioner) sebanyak 75 responden yang telah diuji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan untuk menjawab hipotesis penelitian ini adalah analisis regresi sederhana dan analisis korelasi linear sederhana. Proses perhitungan dibantu program aplikasi software SPSS 16.0. Hasil penelitian menunjukan variabel segmentasi pasar terhadap keputusan pembelian berpengaruh dan hipotesis dapat diterima. Uji nilai koefisien regresi bernilai positif yaitu Y = a+BX atau 3,544+0,194X dan nilai korelasi dinyatakan berhubungan dan signifikan karena memiliki nilai < 0,05 dan dinyatakan berkorelasi kuat dengan nilai 0,654.

References

Aprizal, Hendry. 2012. Analisis Efektifitas Segmentasi Pasar Terhadap Peningkatan Volume

Penjualan Pada PT. Semen Tonasa Di Pangkep. Makassar. Skripsi

Hakiki, Maryam Ayu. 2019. Penerapan Efektivitas Segmentasi Pasar Terhadap Peningkatan

Volume Penjualan UD. Bintang Timur Di Desa Sumber Pakem Kecamatan Sumber

Jambe Kabupaten Jember. Jurnal Ekonomi Syari’ah Volume 1, Nomor 2.

Kotler And Amstrong. 2008. Prinsip—Prinsip pemasaran, edisi 12. Jakarta : Penerbit Erlangga.

Kotler, Philip And Keller, Lane K. 2009. Marketing Management, Thirteenth Edition: Manajemen

Pemasaran Edisi 13. Jakarta. Penerbit Erlangga.

Mursid, M. 2017. Manajemen Pemasaran. Jakarta : Bumi Aksara. Hal : 33

Nuriyanti, Widya. 2017. Segmentasi Pasar Berdasarkan Demografi Dalam Memilih Sepeda Motor

Matic Di Wilayah Depok. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Ekonomi. Volume 1, No.1. Prodi

Desain Komunikasi Visual Ftmipa Universitas Indraprasta PGRI

Priansa, Donni Juni. 2017. Perilaku konsumen dalam persaingan bisnis kontemporer. Bandung : Alfabeta

Saing, Siti Mardati. 2019. Pengaruh Strategi Pemasaran Dan Brand Image Terhadap Kepuasan Dan Keputusan Pembelian Produk “Kita” Perum Bulog Subdivre Makassar. Skripsi.

Volume 1, No. 1. Magister Manajemen Universitas Hasanuddin. Makassar

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Manajemen. Bandung : Alfabeta

Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta

Suryadi Dan Purwanto. 2004. Metodologi Penelitian. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama

Downloads

Published

2021-12-24

Issue

Section

Articles