PENGARUH SEGMENTASI PASAR TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA OUTLET SAHABAT RPK UMI DI TERMINAL PASAR BUMI HARAPAN TOLITOLI
Keywords:
Segmentasi Pasar, Keputusan PembelianAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : Pengaruh Segmentasi Pasar Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Outlet Sahabat RPK Umi. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sampling insidental. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara (interview) dan metode angket ( kuesioner) sebanyak 75 responden yang telah diuji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan untuk menjawab hipotesis penelitian ini adalah analisis regresi sederhana dan analisis korelasi linear sederhana. Proses perhitungan dibantu program aplikasi software SPSS 16.0. Hasil penelitian menunjukan variabel segmentasi pasar terhadap keputusan pembelian berpengaruh dan hipotesis dapat diterima. Uji nilai koefisien regresi bernilai positif yaitu Y = a+BX atau 3,544+0,194X dan nilai korelasi dinyatakan berhubungan dan signifikan karena memiliki nilai < 0,05 dan dinyatakan berkorelasi kuat dengan nilai 0,654.
References
Aprizal, Hendry. 2012. Analisis Efektifitas Segmentasi Pasar Terhadap Peningkatan Volume
Penjualan Pada PT. Semen Tonasa Di Pangkep. Makassar. Skripsi
Hakiki, Maryam Ayu. 2019. Penerapan Efektivitas Segmentasi Pasar Terhadap Peningkatan
Volume Penjualan UD. Bintang Timur Di Desa Sumber Pakem Kecamatan Sumber
Jambe Kabupaten Jember. Jurnal Ekonomi Syari’ah Volume 1, Nomor 2.
Kotler And Amstrong. 2008. Prinsip—Prinsip pemasaran, edisi 12. Jakarta : Penerbit Erlangga.
Kotler, Philip And Keller, Lane K. 2009. Marketing Management, Thirteenth Edition: Manajemen
Pemasaran Edisi 13. Jakarta. Penerbit Erlangga.
Mursid, M. 2017. Manajemen Pemasaran. Jakarta : Bumi Aksara. Hal : 33
Nuriyanti, Widya. 2017. Segmentasi Pasar Berdasarkan Demografi Dalam Memilih Sepeda Motor
Matic Di Wilayah Depok. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Ekonomi. Volume 1, No.1. Prodi
Desain Komunikasi Visual Ftmipa Universitas Indraprasta PGRI
Priansa, Donni Juni. 2017. Perilaku konsumen dalam persaingan bisnis kontemporer. Bandung : Alfabeta
Saing, Siti Mardati. 2019. Pengaruh Strategi Pemasaran Dan Brand Image Terhadap Kepuasan Dan Keputusan Pembelian Produk “Kita” Perum Bulog Subdivre Makassar. Skripsi.
Volume 1, No. 1. Magister Manajemen Universitas Hasanuddin. Makassar
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Manajemen. Bandung : Alfabeta
Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta
Suryadi Dan Purwanto. 2004. Metodologi Penelitian. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama