PENGARUH PEMBIAYAAN RAHN TERHADAP TINGKAT KEPUASAN NASABAH PADA PEGADAIAN SYARIAH MAKASSAR
Keywords:
Kepuasan Nasabah, Pembiayaan RahnAbstract
Yusriadi, Rosida, Syahrul (2022). Pengaruh Pembiayaan Rahn Terhadap Tingkat Kepuasan Nasabah Pada Pegadaian Syariah Makassar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pembiayaan rahn berpengaruh terhadap tingkat kepuasan nasabah pada Pegadaian Syariah Makassar. Data pengumpulannya menggunakan data primer yang diperoleh dari kuesioner dengan menggunakan teknik sampling insidental. Populasinya adalah nasabah pembiayaan rahn di Pegadaian Syariah Cabang Sentral Makassar sejumlah 520. Sedangkan sampel yang digunakan sebanyak 84 responden. Hasil dari angket telah diuji validitas dan reliabilitasnya, serta uji asumsi klasik. Metode analisis data menggunakan teknik regresi sederhana. Hasil penelitian secara uji parsial menunjukkan bahwa pembiayaan rahn berpengaruh dan signifikan terhadap tingkat kepuasan nasabah.
References
Al Hadi, A. (2019). Fikih Muamalah Kontemporer. Depok: PT. RajaGrafindo
Persada.
Amelia, D. R. (2018). Pengaruh Pembiayaan Rahn Terhadap Tingkat Kepuasan
Nasabah Pada Pegadaian Syariah (Studi Kasus Pada Pegadaian Syariah
Way Halim Bandar Lampung). Skripsi Dipublikasikan. Lampung:
Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.
Anshori, M., & Iswati , S. (2009). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Surabaya:
Airlangga University.
Atmaja, J. (2018). Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Nasabah Terhadap Loyalitas
Pada Bank BJB. Jurnal Ecodemica. 2 (1) : 49 - 63.
Basaruddin, S. (2019). Pengaruh Pembiayaan Rahn Terhadap Tingkat
Kepercayaan Nasabah Pada PT. Pegadaian Syariah Kota Palopo. Skripsi.
Palopo: Program Studi Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi Dan Bisnis
Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.
Bungin, B. (2017). Metodologi Penelitian Kuantitatif: Komunikasi, Ekonomi, Dan
Kebijakan Publik Serta Ilmu - Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana.
Ghozali. (2016). Desain Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif Untuk Akuntansi,
Bisnis Dan Ilmu Sosial Lainnya.
Gunawan, I. (2016). Pengantar Statistika Inferensial. Jakarta: Rajawali.
Indriantoro, N., & Supomo, B. (2018). Metodologi Penelitian Bisnis - Untuk
Akuntansi Dan Manajemen. Yogyakarta: Andi OFFSET.
Ismail. (2011). Perbankan Syariah. Jakarta: Kencana.
Mahbengi, R. (2019). Analisis Pengaruh Promosi, Pelayanan Dan Kualitas Produk
Rahn (Gadai) Terhadap Kepuasan Nasabah Di PT. Pegadaian Syariah
Cabang AR. Hakim Medan. Skripsi. Medan: Fakultas Agama Islam
Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Medan.
Manahaar, P. (2019). Implementasi Gadai Syariah (Rahn) Untuk Menunjang
Perekonomian Masyarakat Di Indonesia. Jurnal Hukum Bisnis Dan
Investasi. 10 (2) : 98 - 106.
Permatasari, R. I. (2020). Pengaruh Pembiayaan Produk Rahn Terhadap
Kepuasan Nasabah Pada PT. Pegadaian Syariah Cabang Cakranegara.
Skripsi. Mataram: Jurusan Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi Dan Bisnis
Islam Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram.
Departemen Agama RI. Qur'an Tajwid Dan Terjemah. (2006). Jakarta: Maghfirah
Pustaka.
Rodoni, A. (2015). Asuransi Dan Pegadaian Syariah. Jakarta: Mitra Wacana
Media.
Sudaryono. (2016). Manajemen Pemasaran Teori Dan Implementasi . Yogyakarta:
Andi OFFSET.
Suryani, & Hendryadi. (2016). Metode Riset Kuantitatif: Teori Dan Aplikasi Pada
Penelitian Bidang Manajemen Dan Ekonomi Islam. Jakarta : Kencana.
Wahab, W. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah
Pegadaian Syariah Di Kota Pekanbaru. Al-Masraf: Jurnal Lembaga
Keuangan Dan Perbankan. 2 (1) : 28 - 41.
Wahyuningsih, N., & Janah, N. (2018). Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi
Kepuasan Nasabah Menggunakan Internet Banking Pada Bank Muamalat.
Jurnal Al-Amwal. 10 (2) : 295 -314.