PENGARUH PEMBIAYAAN RAHN TERHADAP TINGKAT KEPUASAN NASABAH PADA PEGADAIAN SYARIAH MAKASSAR

Authors

  • YUSRIADI HALA STIEM Bongaya Makassar
  • Rosida Maedina Agus STIE YPUP Makassar
  • Syahrul Mansyur STIE YPUP Makassar

Keywords:

Kepuasan Nasabah, Pembiayaan Rahn

Abstract

Yusriadi, Rosida, Syahrul (2022). Pengaruh Pembiayaan Rahn Terhadap Tingkat Kepuasan Nasabah Pada Pegadaian Syariah Makassar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pembiayaan rahn berpengaruh terhadap tingkat kepuasan nasabah pada Pegadaian Syariah Makassar. Data pengumpulannya menggunakan data primer yang diperoleh dari kuesioner dengan menggunakan teknik sampling insidental. Populasinya adalah nasabah pembiayaan rahn di Pegadaian Syariah Cabang Sentral Makassar sejumlah 520. Sedangkan sampel yang digunakan sebanyak 84 responden. Hasil dari angket telah diuji validitas dan reliabilitasnya, serta uji asumsi klasik. Metode analisis data menggunakan teknik regresi sederhana. Hasil penelitian secara uji parsial menunjukkan bahwa pembiayaan rahn berpengaruh dan signifikan terhadap tingkat kepuasan nasabah.

References

Al Hadi, A. (2019). Fikih Muamalah Kontemporer. Depok: PT. RajaGrafindo

Persada.

Amelia, D. R. (2018). Pengaruh Pembiayaan Rahn Terhadap Tingkat Kepuasan

Nasabah Pada Pegadaian Syariah (Studi Kasus Pada Pegadaian Syariah

Way Halim Bandar Lampung). Skripsi Dipublikasikan. Lampung:

Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Anshori, M., & Iswati , S. (2009). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Surabaya:

Airlangga University.

Atmaja, J. (2018). Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Nasabah Terhadap Loyalitas

Pada Bank BJB. Jurnal Ecodemica. 2 (1) : 49 - 63.

Basaruddin, S. (2019). Pengaruh Pembiayaan Rahn Terhadap Tingkat

Kepercayaan Nasabah Pada PT. Pegadaian Syariah Kota Palopo. Skripsi.

Palopo: Program Studi Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi Dan Bisnis

Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

Bungin, B. (2017). Metodologi Penelitian Kuantitatif: Komunikasi, Ekonomi, Dan

Kebijakan Publik Serta Ilmu - Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana.

Ghozali. (2016). Desain Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif Untuk Akuntansi,

Bisnis Dan Ilmu Sosial Lainnya.

Gunawan, I. (2016). Pengantar Statistika Inferensial. Jakarta: Rajawali.

Indriantoro, N., & Supomo, B. (2018). Metodologi Penelitian Bisnis - Untuk

Akuntansi Dan Manajemen. Yogyakarta: Andi OFFSET.

Ismail. (2011). Perbankan Syariah. Jakarta: Kencana.

Mahbengi, R. (2019). Analisis Pengaruh Promosi, Pelayanan Dan Kualitas Produk

Rahn (Gadai) Terhadap Kepuasan Nasabah Di PT. Pegadaian Syariah

Cabang AR. Hakim Medan. Skripsi. Medan: Fakultas Agama Islam

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Medan.

Manahaar, P. (2019). Implementasi Gadai Syariah (Rahn) Untuk Menunjang

Perekonomian Masyarakat Di Indonesia. Jurnal Hukum Bisnis Dan

Investasi. 10 (2) : 98 - 106.

Permatasari, R. I. (2020). Pengaruh Pembiayaan Produk Rahn Terhadap

Kepuasan Nasabah Pada PT. Pegadaian Syariah Cabang Cakranegara.

Skripsi. Mataram: Jurusan Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi Dan Bisnis

Islam Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram.

Departemen Agama RI. Qur'an Tajwid Dan Terjemah. (2006). Jakarta: Maghfirah

Pustaka.

Rodoni, A. (2015). Asuransi Dan Pegadaian Syariah. Jakarta: Mitra Wacana

Media.

Sudaryono. (2016). Manajemen Pemasaran Teori Dan Implementasi . Yogyakarta:

Andi OFFSET.

Suryani, & Hendryadi. (2016). Metode Riset Kuantitatif: Teori Dan Aplikasi Pada

Penelitian Bidang Manajemen Dan Ekonomi Islam. Jakarta : Kencana.

Wahab, W. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah

Pegadaian Syariah Di Kota Pekanbaru. Al-Masraf: Jurnal Lembaga

Keuangan Dan Perbankan. 2 (1) : 28 - 41.

Wahyuningsih, N., & Janah, N. (2018). Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi

Kepuasan Nasabah Menggunakan Internet Banking Pada Bank Muamalat.

Jurnal Al-Amwal. 10 (2) : 295 -314.

Downloads

Published

2021-12-28

Issue

Section

Articles