Pengembangan Usaha Rumahan Kerupuk Dangke
Abstract
Kerupuk dangke termasuk dalam kategori makanan ringan dan dijadikan sebagai oleh-oleh khas dari kabupaten Enrekang. Ide munculnya produk ini karena daya tahan dangke yang tidak bertahan lama, sedangkan banyak konsumen dari luar Kabupaten Enrekang yang ingin juga mengkonsumsi dangke. Tujuan daripada penelitian ini dilaksanakan guna menambah wawasan pengetahuan tentang pengembangan usaha rumahan kerupuk dangke di Kecamatan Anggeraja Kabupaten Enrekang mulai dari proses pengolahan, proses pengemasan sampai dengan proses pemasaran dan mengetahui strategi usaha rumahan produk kerupuk dangke dengan berbasis teknologi. Penelitian menggunakan analisis kualitatif pendekatan deskriptif dan analisis SWOT sebagai metode penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perkembangan usaha rumahan kerupuk dangke berdasarkan pada proses pengolahan produk dimana kerupuk dangke ini mudah dibuat dengan bahan dan alat yang tersedia; proses pengemasan, dimana masih digunakan plastik biasa serta proses pemasaran dilakukan dengan cara dititipkan ke pasar tradisional dan di kios-kios. Strategi pengembangan digunakan analisis SWOT yakni dipertahankannya kualitas dan mutu produk, perlunya modifikasi kemasan menarik serta tidak mudah pecah dan kerjasama yang baik dengan konsumen dan distributor, diperluasnya pasar di luar wilayah Enrekang, ditingkatkannya daya saing dengan menjaga kualitas dan mutu produk kerupuk dangke, ditingkatkannya kreativitas pengolahan produk kerupuk dangke dengan ditambahkannya jenis rasa, diperluasnya pasar, serta digunakannya teknologi moderen baik dalam proses pembuatan kerupuk dangke dan pemasaran produk kerupuk dangke dipromosikan dengan teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).