Gymnastic Activity Cards Terhadap Motor Ability Siswa SDN Kompleks IKIP 1 Makassar
Keywords:
senam, motor ability, media visual, activity cardAbstract
Kemampuan motorik dibutuhkan dalam mengembangkan kesanggupan anak untuk mempertinggi daya kerja. Asumsi bahwa kebutuhan motorik anak akan terpenuhi di lingkungan sekolah dengan adanya kurikulum Pendidikan Jasmani,Olahraga dan Kesehatan perlu dibuktikan melalui kualitas motorik yang dimiliki. Media yang digunakan berupa activity cards atau kartu bergambar gerakan senam dengan beragam tema yang diterapkan dalam pembelajaran senam. Tujuan Penelitian ini untuk melihat pengaruh gymnastic activity cards dalam meningkatkan motor ability siswa SDN Kompleks IKIP I Makassar. Dengan muatan tugas gerak senam yang mengembangkan kemampuan lokomotor, non lokomotor dan gerak manipulatif. Metode yang digunakan adalah pre eksperimen dengan pretest posttest design. Pengukuran data motorik melalui tes lari 40 meter, tes zig zag run, tes wall pass, tes stork stand balance, dan tes standing broad jump pada 40 orang sampel. Semakin optimal pembelajaran gerak , unsur-unsur motorik khususnya koordinasi gerak,kecepatan kelincahan, kekuatan, dan keseimbangan tubuh anak semakin terlatih. Dengan banyaknya pengalaman motorik yang dilakukan maka akan menambah kematangan dalam melakukan tugas pertumbuhan dan perkembangan anak.