Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dan Pesan Edukatif pada Dongeng ”Permen”

Authors

  • Lukman Alfaris UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PEKAJANGAN PEKALONGAN
  • Wilda Hamisa
  • Artika Putri Berliani Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
  • Idah Tresnowati
  • Gilang Nuari Panggraita

Abstract

Setiap anak terlahir dengan potensi unik yang dimilikinya. Potensi tersebut dapat berasal dari faktor keturunan maupun hasil dari pembiasaan. Oleh karena itu, diperlukan rangsangan sejak dini, khususnya pada masa balita yang merupakan periode emas perkembangan anak. Salah satu upaya untuk mengoptimalkan potensi tersebut adalah melalui pendidikan anak usia dini. Sejumlah penelitian menyebutkan bahwa kondisi bangsa Indonesia saat ini tengah menghadapi situasi yang mengkhawatirkan, terutama terkait penurunan moral, sehingga dibutuhkan penanganan melalui pendidikan karakter di semua jenjang. Salah satu solusi untuk mengatasi permasalahan sosial saat ini adalah dengan menerapkan pendidikan karakter. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, karakter diartikan sebagai watak, tabiat, dan akhlak yang melekat pada diri seseorang dan menjadi pedoman dalam berpikir serta bertindak, yang sekaligus menjadi ciri khas individu tersebut. Salah satu metode efektif dalam menanamkan pendidikan karakter pada anak usia dini adalah melalui dongeng. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis isi (content analysis). Metode ini dipilih karena sesuai untuk mengungkap makna-makna tersirat maupun tersurat dalam teks sastra, khususnya dongeng "Permen". Fokus penelitian ini adalah mengidentifikasi dan menganalisis nilai-nilai pendidikan karakter serta pesan-pesan edukatif yang terkandung dalam dongeng tersebut

Downloads

Published

2025-08-11

How to Cite

Alfaris, L. ., Wilda Hamisa, Berliani, A. P. ., Idah Tresnowati, & Gilang Nuari Panggraita. (2025). Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dan Pesan Edukatif pada Dongeng ”Permen”. Jurnal Smart Society ADPERTISI, 4(2), 1–7. Retrieved from https://jurnal.adpertisi.or.id/index.php/jssa/article/view/659

Issue

Section

Articles